Ambeien alias Wasir

Ambeien atau wasir, dalam istilah kedokteran disebut dengan haemorrhoids, yakni pelebaran pembuluh perianal (sekitar anus) yang terjadi karena buang air besar (BAB) yang dipaksakan. Pada penderita wasir umumnya sulit untuk duduk dan buang air besar karena terasa sakit apabila bibir anus atau sphinchter anus mendapat tekanan. Pada penderita wasir parah terkadang sulit diobati sehingga bisa diberi tindakan operasi pengangkatan wasir yang bisa memberi efek samping yang terkadang tidak baik. Oleh sebab itu wasir perlu diwaspadai dan ditangani dengan baik agar mudah diobati.

Wasir atau ambeien ada dua macam, yaitu wasir dalam dan wasir luar. Pada wasir dalam terdapat pembuluh darah pada anus yang ditutupi oleh selaput lendir yang basah. Jika tidak ditangani bisa terlihat muncul menonjol ke luar seperti wasir luar. Gejala wasir dalam adalah suka ada darah yang keluar dari anus saat bab / buang air besar. Jika sudah parah bisa menonjol keluar dan terus membesar sebesar bola tenis sehingga harus diambil tindakan operasi untuk membuang wasir. Wasir luar merupakan varises di bawah otot yang umumnya berhubungan dengan kulit. Biasanya wasir ini terlihat tonjolan bengkak kebiruan pada pinggir anus yang terasa sakit dan gatal.

Haemorrhoid terbagi dalam beberapa derajat. Derajat pertama, wasir berada di dalam alias tidak menonjol keluar. Hanya dapat dilihat dengan teropong yang disebut proktoskop/anuskop. Gejala paling jelasnya adalah perdarahan saat buang air besar. Derajat kedua, wasir berada di dalam dan bisa menonjol keluar, namun kemudian bisa masuk kembali ke dalam dengan sendirinya secara spontan. Sedangkan derajat ketiga, wasir menonjol keluar dan hanya bisa masuk kembali dengan bantuan tangan atau didorong masuk. Derajat keempat, wasir menonjol keluar dan tidak bisa kembali lagi ke dalam, tetapi biasanya tidak sakit, walaupun banyak juga kasus yang disertai rasa nyeri. Biasanya keadaan ini disebut dengan inkarserasi.

Pengobatan haemorrhoid ringan (derajat 1 dan 2) biasanya dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat, yakni pola makan yang baik. Misalnya dengan mengkonsumsi banyak serat, minum air putih minimal 2 liter/hari, berolahraga teratur, tidak sering mengangkat beban berat.Jika cara ini belum membantu, maka ditambah dengan pengobatan medis. Biasanya diberikan obat-obatan untuk memperlancar peredaran darah di sekitar anus dan menghilangkan tonjolan, bengkak serta perdarahan. Obat-obatan tersebut dapat berupa tablet, suppositoria (seperti peluru yang dimasukkan ke anus) atau berupa salep, juga dapat berupa suntikan di daerah sekitar anus. Sementara derajat 3 dan 4, cara mengobatinya adalah dengan melakukan operasi dengan tujuan mengangkat benjolan yang sudah tidak dapat diterapi lagi dengan obat-obatan. Selain operasi, teknik ligasi atau pengikatan juga biasa dilakukan sebagai salah satu cara pengobatannya.

            Pada kasus ini, pasien mengeluh adanya massa yang menonjol keluar dari anus yang tidak dapat dimasukkan lagi dan terasa nyeri. Berdasarkan derajatnya, maka wasir yang diderita pasien ini termasuk ke dalam derajat 4.

 Hal-Hal/Faktor Pemicu Yang Menyebabkan atau Penyebab Wasir/Ambeien/Haemorrhoid

Wasir dapat diakibatkan oleh hal-hal berikut di bawah ini sehingga perlu diwaspadai dan dihindari:

1.      Terlalu banyak duduk

2.      Diare menahun

3.      Kehamilan ibu hamil yang diakibatkan perubahan hormon

4.      Keturunan penderita wasir

5.      Hubungan seks yang tidak lazim

6.      Penyakit yang membuat mengejan penderita

7.      Sembelit/konstipasi/obsitpasi menahun

8.      Penekanan kembali aliran darah vena, dll.

Ciri Khas/Gejala Penyakit Wasir/Ambeien/Hemoroid

Sebelum parah sebaiknya kita mengenal seperti apa penyakit wasir ada awal mulanya sehingga kita bisa obati sedini mungkin. Biasanya penderita akan mengalami pendarahan dubur dengan warna darah merah muda yang menetes atau mengalir lewat lubang dubur / anus. Penderita juga akan merasa ada ganjalan pada anus ketika bab sehingga penderita akan ngeden/mengejan yang bisa memperparah wasirnya. Selain itu biasanya anus akan terasa gatal akibat virus dan bakteri yang membuat infeksi.

Mengatasi, Mengobati & Menyembuhkan Wasir/Ambeien/Haemorrhoid

Untuk menghilangkan wasir secara total sebaiknya anda menjalankan beberapa tips menyembuhkan wasir serta melakukan konsultasi dengan dokter.

1.      Jalankan pola hidup sehat

2.      Olah raga secara teratur

3.      Makan makanan berserat

4.      Hindari terlalu banyak duduk atau nongkrong di wc/toilet

5.      Jangan merokok, minum minuman keras, narkoba, dll

6.      Jangan melakukan aktivitas hubungan seks yang tidak wajar

7.      Minum air yang cukup

8.      Jangan menahan kencing dan berak

9.      Jangan suka menggosok dan menggaruk dubur berlebihan

10.  Jangan mengejan/mengeden/ngeden berlebihan

11.  Jika tidak ingin pup/BAB jangan dipaksa

12.  Duduk berendam pada air yang hangat

13.  Minum obat sesuai anjuran dokter

14.  Gunakan tandas pada masa yang ditetapkan seperti selepas bangun tidur setelah meminum segelas besar air

15.  Jangan makan makanan yang boleh menyebabkan gangguan (makanan pedas atau berempah, alkohol) atau yang dapat mengganggu pencernaan (kopi atau teh).

16.  Apabila terdapat gejala-gejala tertentu (seperti darah dalam feses, sakit atau nyeri pada dubur), hubungi dokter.

17.  Memakai celana dalam dari bahan yang dapat menyerap keringat

18.  Hindari menggunakan tisu toilet yang mengandung parfum

Daftar Pustaka

Anonim, 2008,Penyebab, Gejala & Pengobatan Penyakit Wasir/Ambeien/Hemoroid – Gangguan Anus Pada Manusia, http://organisasi.org/penyebab-gejala-pengobatan-penyakit-wasir-ambeien-hemoroid-gangguan-anus-pada-manusia, 6 Desember 2008

Ratih, C., 2008, Gaya Hidup Sehat Cegah Ambeien, http://id.shvoong.com/law-and-politics/1805633-gaya-hidup-sehat-cegah-ambeien/, 6 Desember 2008

http://infohidupsehat.com/?p=81, diakses tanggal 11 Desember 2008

http://konsultan.web.id/?p=389, diakses tanggal 11 Desember 2008

ini diambil dari tugas kuliah saya, hehehe…

2 thoughts on “Ambeien alias Wasir

  1. Pingback: 2010 in review « Nadya Veron

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s