Long Distance Relationship

Pacaran jarak jauh, yang nama kerennya long distance relationship, bagi beberapa orang sangatlah sulit. Bahkan kalau bisa jangan sampai deh. Mungkin begitu anggapan beberapa orang. Namun bagiku itu bukanlah suatu masalah karena aku sendiri saat ini sedang mengalaminya. Bahkan di keluargaku pun kayaknya sudah menjadi tradisi. Koq bisa??? Pertama ketika ayah dan ibu saya masih muda, mereka juga menjalani hubungan jarak jauh. Ketika itu ibu saya tinggal di Palembang, sedangkan ayah saya harus menempuh studi di Jerman. Setelah beliau menyelesaikan studinya, beliau harus tinggal di Jakarta karena bekerja di sana. Buktinya akhirnya mereka menikah dan menghasilkan dua anak, yaitu aku dan kakakku.

Kedua kakak saya pun sempat menjalani hubungan jarak jauh, tepatnya ketika kakakku dan pacarnya sudah lulus kuliah. Kakakku kebetulan dapat pekerjaan di Solo, sedangkan kekasih hatinya memilih untuk pulang ke Bekasi dan mencari pekerjaan di deket2 sana. Lumayan juga lah jauhnya, namun sampai sekarang masih akur-akur aja. Namun, alhamdulillah sekarang kakak saya ini mendapat pekerjaan di daerah Cibitung. Jadi sekarang jarak bukanlah penghalang bagi mereka berdua untuk dapat bertemu.

Terakhir saya sendiri yang alhamdulillah sedang menjalin suatu hubungan dengan seseorang yang sudah 5 tahun, mudah2an aja bisa langgeng (Amiiiiin). Kebetulan seseorang yang beruntung (atau gak beruntung yah? Waduh, amit-amit deh!) itu adalah teman sekelas saya waktu kelas 2 SMA dulu dan saya menjalani pacaran jarak jauh dengan pujaan hati saya itu ketika kami mulai kuliah karena dia harus kuliah di Jakarta dan saya tetap setia dengan kota Yogyakarta tercinta. Hingga sekarang kami baik-baik saja. Saya gak akan ngebahas lebih dalam mengenai love life saya, namun saya hanya akan membahas tentang pacaran jarak jauh (long distance relationship).

Sekarang saya akan membahas keuntungan atau kebaikan dari pacaran jarak jauh. Yang pertama karena jarang ketemu, pasti ketika bertemu, akan semakin rindu.

Lah koq bisa??? Kan enakan kalo sering ketemu, hehehe.

Emang sih enakan kalo sering ketemu, tapi kan sekarang teknologi sudah canggih. Kan bisa chatting, telepon, sms, dan kecanggihan teknologi lainnya. Gak kayak jaman bapak dan ibu kita dulu yang mungkin hanya bisa berkirim surat, secara dulu HP belum musim, telepon yang punya masih jarang, internet pun mungkin belum ada. Terus dengan pacaran jarak jauh ini bisa menguji kesetiaan kita dan pasangan.

Wuih, ga takut tuh ntar pacar kita selingkuh dengan orang lain yang mungkin lebih segalanya daripada kita?

Well, saya juga gak munafik yah dulu waktu awal2 saya dan pujaan hati saya menjalani hubungan jarak jauh ini, pasti ada aja rasa cemburu. Dulu waktu masih satu kota aja pasti ada tuh yang namanya cemburu. Namun dengan bertambahnya umur dan komitmen kita agar berusaha setia, selain itu karena pujaan hati saya itu pergi ke Jakarta demi menuntut ilmu untuk masa depan, jadi kita bisa melalui dengan baik. Selain itu, kalo pacaran jarak jauh memungkinkan kita untuk tidak bosan bertemu dengan pasangan kita. Karena balik lagi, kita gak bisa ketemu setiap saat, jadi begitu ketemu, rasa rindu yang sudah memuncak akan terobati dengan kehadirannya dan menjadi makin cinta. Mungkin kalo saya ketemu sama pacar saya setiap hari, pasti bakalan bosen. Maaf yah, buat yang pacaran jarak dekat, saya tidak bermaksud menyinggung kalian. Syukurilah anugerah yang ada.

Itu tadi kebaikannya, gimana dengan kerugiannya??? Ada juga sih beberapa kerugiannya, antara lain kalo kita merasakan rindu mendalam, sedangkan kita gak bisa ketemu, pasti deh nyesek.

Tuh, bener kan??? Gak enak kan kalo gak ketemu?

Terus kita juga mungkin diliputi rasa curiga yang berlebihan. Seperti lagunya salah satu band yang terkenal saat ini:

Kamu di mana, dengan siapa, semalam berbuat apa.

Halah koq malah nyanyi??? Dah lanjutin aja! Yah mungkin bisa aja kita cemburu karena kita gak tahu dia lagi ngapain saat ini. Tapi balik lagi, dalam hubungan seperti ini yang diperlukan adalah rasa saling percaya antara kita dan pasangan dan komunikasi yang lancar.

Yah berat di ongkos dunk?

Jadi kalo kita percaya pasangan kita gak akan mengkhianati kita, pasti hubungan akan baik-baik saja. Boleh sih sesekali kita cemburu, kan kata orang cemburu tanda sayang, tapi kalo bisa jangan cemburu buta. Bisa-bisa nanti pacar kita kabur ninggalin kita.Terus pacaran jarak jauh itu berat di ongkos dunk, yang pulsa, ongkos buat ketemu.

Tuh kan, mahal???

Yah kan ga usah maksain. Klo blm bisa ketemu, ya gpp. Klo pulsa lagi bokek, ya diisi lagi. Selain itu kan bisa juga menggunakan provider yang sama yang menawarkan keuntungan2 ekonomis bila menggunakan 1 provider yang sama (bukan bermaksud promosi loh😉 ).

Dari beberapa uraian tersebut, sekarang tinggal balik lagi ke kitanya, sanggup atau tidak dalam menjalani hubungan jarak jauh. Semua tadi tidak sepenuhnya benar, hanya berdasarkan pengalaman saya. Kalau dirasa takut terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan bila menjalani hubungan jarak jauh, yah mending gak usah cari yang jauh2. Yang dekat pun banyak, tinggal milih aja (yes!). Selain itu balik lagi yang namanya jodoh ada di tangan Tuhan.

Loh, bukan di tangan hansip?#*&&!*&#$%

Halah, kebanyakan becanda nih! Jadi apapun adanya, dinikmati aja. Kalau mau menjalani sesuatu, pikir-pikir dan pertimbangkan dulu baik-buruk, untung-rugi, serta konsekuensi yang mungkin ada.

Anyway, keep fighting for your love & enjoy my blog!

4 thoughts on “Long Distance Relationship

  1. wiiii…..pacaran jarak jauh…. memang sedih… tapi pas ketemu seneng juga….
    PJJ juga da baeknya toh… biar aja pulsa abis… pulsa dibeli kan buat digunakan….buat diabisin hwehehehehehe….
    soal jarang ktemu si….bikin kangeeeennnnn
    tapi bagus kan…. bisa terhindar dari b’dua2an spanjang hari….truss….. tuuutttt…..tuuuuttt…. jus kid!

    Nadya….. critanya lagi dunks hwiiiiiiiiiiiiiiiiii….
    di tunggu,,,,,,

Leave a Reply

