Apa Benar Kurt Cobain Bipolar????

Hmmm,sekarang ini entah kenapa saya mau nulis tentang Kurt Cobain (alm). Siapa sih yang gak tau tentang Kurt Cobain??? Yap, Kurt Cobain (alm) dulunya adalah vokalis dari kelompok musik grunge yang terkenal banget waktu jaman 90-an (yah jadi ketahuan deh aslinya umur berapa, ckakakakakakak ;-)), yaitu Nirvana. Band ini dulu terkenal dengan lagunya About a Girl dan Smell Like Teen Spirit. SEkarang saya bukan mau ngebahas mengenai bandnya yang terkenal itu, tapi saya mau ngebahas penyebab kematiannya. Wuih, berat banget coy!!!Ni nih wajahnya bagi yg ga tau sapa Kurt Cobain

 

Kurt Cobain

Kurt Cobain

 

Ada yang bilang Mas Kurt ini dulu meninggalnya karena bunuh diri dengan menembak kepalanya, namun ada juga yang bilang klo Om Kurt ini meninggal karena overdosis. Waktu saya kuliah Farmakoterapi Sistem Syaraf, saya mempelajari salah satu kelainan psikiatrik, yaitu Bipolar atau Manic Depressive. Barulah saya ketahui banyak tokoh terkenal yang memiliki kelainan ini, termasuk salah satu di antaranya adalah Kurt Cobain ini nih….

Apa sih Bipolar/Manic Depressive ini???Makanan apa tuh???Pasti itu yang ada di benak kalian.

Jadi bipolar/manic depressive itu memiliki karakteristik yang sama dengan depresi, namun dengan perubahan mood yang bisa jadi sangat ekstrim, seperti kegusaran, euforia, energi tinggi, sifat lekas marah, bingung, serta kepercayaan diri yang berlebihan. Jadi maksudnya kita bisa mengalami dua macam perasaan sekaligus yang sangat ekstrim, yaitu depresi dan manik (periode perasaan “meningkat” secara abnormal), entah dalam waktu yang sama atau berbeda waktu. Bipolar ini sifatnya genetik dan dipengaruhi oleh lingkungan. Saya gak mau ngebahas tentang penyakit ini secara mendalam karena kalau mau tau lebih lanjut, ikut aja kuliah Farmakoterapi Sistem Saraf (buat anak FKK), namun balik lagi saya mau ngebahas apa benar sih Om Kurt Cobain ini mengidap gangguan bipolar.

Jadi waktu itu saya pernah googling mengenai bipolar ini dan ketemulah artikel yang menarik mengenai Om Kurt Cobain ini. Jadi di artikel ini beberapa orang percaya bahwa Kurt Cobain mengidap kelainan bipolar karena ada lagu hits dari bandnya ini, yakni Lithium, yang merupakan salah satu obat yang direkomendasikan untuk menangani kelainan ini. Namun tak ada bukti kuat yang menyatakan bahwa Kurt pernah mengkonsumsi litium dan tak mungkin pada saat itu telah terdiagnosis bipolar.

 

Depresi Kurt Cobain

Kurt Cobain mengalami depresi sepanjang hidupnya. Sewaktu kecil ia mencari perlindungan di kamar mandi yang ada di kamarnya.

Periode Kurt mengalami kelesuan dan menarik diri dari lingkungan telah berlangsung secara kronik. Perasaan depresinya tidak perlu diperdebatkan dan dibahas lebih lanjut.

Semasa mudanya Kurt selalu berkata ingin bunuh diri dan ingin mati. Ia selalu mengatakannya dalam pembicaraan dan wawancara dengan jurnalis, bahkan digunakan sebagai judul album.

Mania Kurt Cobain

 

 

Sisi lain bipolar Kurt Cobain adalah mania. Mania bisa diekspresikan dalam berbagai cara, seperti kegusaran, euforia, energi tinggi, sifat lekas marah, bingung, serta kepercayaan diri yang berlebihan, seperti yang disebutkan oleh Bev Cobain, sepupu dari Kurt Cobain.

Selain petunjuk di atas, terlepas dari hubungan antara seseorang yang kreatif/jenius dengan bipolar (karena ada yang beranggapan bahwa banyak orang jenius atau kreatif yang mengidap bipolar), petunjuk lain yang menghubungkan Kurt Cobain dengan bipolar antara lain sebagai berikut:

Ø      Kurt menyalahgunakan obat dan alkohol. Beberapa studi menyebutkan bahwa banyak kemungkinan seseorang yang depresi menjadi alkoholik. Selanjutnya, alkoholik mungkin sekali bisa menjadi bipolar.

Ø      Banyak orang yang sering mengeluhkan kemalasan Kurt, namun di lain waktu dia bisa sangat produktif menulis lagu, baik di studio maupun di rumah.

Ø      Kurt sering menuis surat yang bernada emosional dan marah kepada orang-orang yang telah menyalahkannya. Dia juga selalu melakukan pengrusakan set panggung dan hotel  yang kadang dilakukan dengan penuh semangat dan kadang diliputi amarah.

Ø      Sejak masa kanak-kanak Kurt telah banyak menulis dan menggambar. Biasanya orang yang mania dapat menghasilkan banyak sekali karya.

Akhirnya, ada perubahan mood serta kelakuan yang tak menentu seperti Kurt yang sering diberitakan kabur dari panti rehabilitasi, kelakuan anehnya terhadap hewan-hewan peliharaannya, dan kegemaran anehnya terhadap sesuatu seperti sirip ikan paus. Ini bukan bermaksud sebagai serangan kepada Kurt, hanya mencoba mencari celah hubungan antara Kurt Cobain dengan bipolar.

Gen Bunuh Diri

Kenapa dibilang seperti itu???Koq serem amat sich? Jadi Kurt Cobain sering bergurau kepada teman-temannya bahwa dia memiliki gen bunuh diri tersebut. Apakah sebabnya???

Sebabnya adalah karena banyak pria dari keluarga Cobain yang menyalahgunakan alkohol dan beberapa di antaranya bersifat bengis. Depresi sepertinya sudah merajalela. Yang menyedihkan, Kurt bukan orang pertama dari keluarga Cobain yang ingin bunuh diri.

Ketika ia berusia 12 tahun, Burle, saudara kakek Kurt Leland Cobain, menembak dirinya sendiri di perut dan kepala dengan pistol. Selang setahun kemudian saudara kakeknya juga meninggal dunia. Ernest Cobain meninggal setelah jatuh dari tangga karena mabuk.

Dari garis keturunan ibunya, Wendy, pun ada juga yang mengalami gangguan mental. Ketika ibunda Wendy berusia 10 tahun, ayahnya (kakeknya Wendy) menusuk diri sendiri di depan keluarganya. Beliau dibawa ke rumah sakit jiwa dan dua bulan kemudian ia merobek luka tusukan ketika petugas rumah sakit tidak melihat.

Lalu ketika Kurt di kelas 8 (SMP lah gitu), dia dan dua orang temannya menemukan mayat penduduk setempat yang menggantung dirinya di luar sekolah.

info lebih lanjut bisa buka di http://www.bipolar-lives.com/kurt-cobain-and-manic-depression.html

selain Kurt Cobain,tokoh-tokoh terkenal lain yg mengalami bipolar bisa dilihat di sini nih

 trs cuma sebagai tambahan aja,ini surat yang dia tulis sebelum dia bunuh diri. Silakan menikmati, ini gak ada maksud apa2.

 

kurtcobainssuicidenote

kurtcobainssuicidenote

yg versi print-nya bisa diliat di sini

 

 

14 thoughts on “Apa Benar Kurt Cobain Bipolar????

  1. Menjawab pertanyaanmu diatas : Siapa sih yang gak tau tentang Kurt Cobain???
    jawabannya : aq ga tau tuh Nad…(duh …Aq ndeso bgt po yo…) hahahaha………
    We, ngomongke Bipolar yo…emmm pernah juga diterangin sepintas masalah bipolar disorder ma dosen KSPK ku. tau ga KSPK???? Kapita Selekta Pengembangan Kepribadian…hahhahha…
    Keren tho kuliahku ada mata kuliah yang aneh…..wkwkwkwk…

    • Hohoho….,gpp klo km ga kenal.Emg akunya aja kali.Waktu mereka eksis,kita kan masih SD.jadi yang error aq,ckakakakak.Wah hebat di STAN ada ngebahas bipolar…Btw km temasuk ga tuh???

    • Wah,ternyata Ebyth buka blogku yah?Jadi malu aku,iya nih jadi inget syaraf.Saking cintanya,sampai2 aku ngulang deh.Iya tuh aq jg g ngebayangin klo dia jadi pasienku…Jangan lupa pasang link blogku di blogrollmu yah…

  2. Aku tau Bang Kurt…
    Nek bipolar kuwi?!?!?!?!? Ketoke dua kutub deh utara ma selatan heheheheh……
    Menakutkan ya!!!! Semoga dengan iman, kita g menempuh jalan kayak gitu……

    • yah bisa dibilang gitu,jadi bisa aja kita depresi mendalam,sampai2 ingin mati atau bunuh diri kyk Bang Kurt Cobain itu,tp bisa juga kita jadi mendadak punya energi yang berlebihan sehingga bisa jadi pribadi yang sangat produktif dan kreatif.Makanya byk yg bilang klo tokoh2 terkenal itu kebykan bipolar…

  3. yup, emang bipolar kok si kurt cobain tuh.. dan juga ketidaksiapan mental kaya mendadak jadi pemicu depresinya. Kalo diantara para musisi luar negeri,dikenal syndrome 27 karena rata-rata para artis yang cepat terkenal itu, mati mengenaskan pada umur sekitar 27 tahun :p

  4. apa y6 d’ekspresikn bung cobain pasca bipolarnya,mungkin sebuah cra dia dlm mnylesaikn mslh’a, ,
    _mngenang 32th cobain

  5. yap benar w ngefans bgt sm nirvana terutama kurt donald cobain dy adalah leader dalam dunia grunge……..
    HIDUP GRUNGE….

    GONE BUT NOT FORGOTTEN…..

  6. yapz..bipolar memang seperti itu..saya penderita bipolar…bipolar adalah mood swing yang terjadi dan tidak bisa diperkirakan penyebabnya…ini adalah pengaruh dari neurotransmiter di otak yang mempengaruhi pula hormon serta perasaaan dari orang terkena bipolar tersebut…

    bipolar itu seumur hidup sob..jadi haaah…memang harus dikendalikan dengan obat-obat tertentu dari psikiater,,,memang juga sifat mania akan membawa penderita pada suatu kepercayaan diri yang tinggi…dan disisi lain akan membuat ia menjadi depresi berlebih untuk bunuh diri…

    itu termasuk penyakit yang berhubungan dengan gen…jadi benar bersifat keturunan…
    penyakit ini tidak bisa disembuhkan sepertinya hanya bisa untuk dikontrol saja…

    doakan saya agar bisa mengontrolnya…hmmm..
    btw mampir yaapz..
    http://linggawardanasahajakers.wordpress.com/
    http://linggahindusblog.wordpress.com/
    http://manicdown.wordpress.com/

    salam…

  7. Pingback: 2010 in review « Nadya Veron

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s